Pengertian Desain Grafis dan Desainer (Perancang Desain)

Pengertian Desain Grafis dan Desainer (Perancang Desain)

Desain grafis (graphic design) mungkin tak lagi terdengar asing bagi banyak orang, terlebih bagi generasi milenial dewasa ini. Desain grafis adalah suatu bidang yang biasanya dikaitkan dengan beragam jenis media statis seperti buku, majalah dan brosur.

Seiring perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang kerap kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. 1Wikipedia, Desain Grafis (https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis).

Hal-hal di atas merupakan contoh penerapan desain grafis pada beragam jenis media. Namun, apakah anda sudah tahu apa sebenarnya pengertian desain grafis itu sendiri?


Apa Itu Desain Grafis?

desain-grafis-adalah
Sumber: Adobe.com

Secara umum, desain grafis adalah sebuah konsep ilmu yang luas. Berasal dari dua buah kata, yakni “Desain” dan “Grafis”.

Istilah “Desain”, secara etimologi merupakan serapan dari bahasa Itali, yakni “Designo”, yang secara gramatikal berarti “Gambar”.

Kata “Desain” dapat digunakan sebagai kata kerja maupun kata benda. Apabila sebagai kata kerja, istilah “Desain” dapat diartikan sebagai proses dalam merancang, membuat atau menciptakan sebuah obyek baru.

Dan jika digunakan sebagai kata benda, maka dapat diartikan sebagai hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik berupa sebuah rencana, prototype (purwarupa), proposal maupun berupa karya nyata. 2Lia Anggraini S. dan Kirana Nathalia, Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula (Bandung, Nuansa Cendekia, 2015), hlm. 13, dengan sedikit penyesuaian.

Adapun kata “grafis” berasal dari bahasa Yunani “Graphein” yang berarti menulis, menggambar, mencritakan dan menjelaskan.

Secara istilah, desain grafis adalah sebuah proses komunikasi yang mengandalkan elemen visual seperti bentuk, gambar dan tulisan sebagai media untuk menciptakan persepsi pesan atau informasi yang yang ingin disampaikan seefektif mungkin.

Desain grafis (graphic design) juga dapat disebut sebagai seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar.

Di dalam dunia desain grafis, teks atau tulisan juga dianggap sebagai gambar. Kenapa? Karena pada hakikatnya, tulisan merupakan hasil abstraksi dari simbol-simbol yang dapat dibunyikan.

Karena melibatkan proses komunikasi menggunakan sentuhan visual, desain grafis juga tidak jarang dikenal dengan sebutan “Desain Komunikasi Visual” (DKV).

Walaupun dalam penerapannya, sebenarnya beberapa pakar membedakan antara istilah “Desain Grafis” dan “Desain Komunikasi Visual” yang in sya Allah akan saya bahas pada artikel terpisah.


Definisi Desainer/Perancang Desain

graphic-designer

Perancang sebuah desain biasanya disebut dengan desainer, seseorang yang membuat karya desain dengan menciptakan ilustrasi, tipografi maupun grafik bergerak (motion graphic). Seorang desainer grafis biasanya menciptakan karya untuk penerbit media cetak maupun elektronik.

Desainer/perancang desain grafis bertanggung jawab atas sebuah tampilan suatu produk atau karya lain karya agar tampak menarik dan bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk media promosi yang berkaitan dengan publik.

Seorang perancang grafis biasanya menggunakan sketsa dalam mengeksplorasi idenya. Walaupun kompleks, namun dapat diterapkan dengan tepat dan cepat. Ia juga memiliki kebebasan memilih alat untuk menyelesaikannya dengan tangan atau komputer.

Idealnya, seorang desainer setidaknya harus memiliki wawasan yang luas pada 5 (lima) dimensi keilmuan, yaitu:

  1. Seni
  2. Teknologi
  3. Sains
  4. Filsafat dan Etika
  5. Sosial dan Budaya

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai pengertian desain grafis dan desainer/perancang desain grafis. Dengan ini, setidaknya anda sudah mulai memahami pengertian desain grafis dan apa tugas dari seorang desainer.

Jika anda tertarik menjadi seorang graphic designer, yuk, mari kita belajar bersama-sama melaui blog yang sederhana ini. Karena kedepannya saya juga akan fokus menulis beberapa pembahasan materi dan tips seputar desain grafis.

Sampai berjumpa di artikel berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *